GEOMETER SKETCHPAD
A. Sejarah Geometer Sketchpad
Pada tahun 1987, Nicholas Jackin begitu serius
membuat program geometri ini sehingga terbinalah Geometer’s Sketchpad untuk
Machintoch. Guru-guru serta pengguna amnya mencuba versi awal ini. Pada tahun
1990 Nicholas berjaya menghasilkan versi ‘beta’ menggunakan pembiayaan
dari Yayasan Sains Kebangsaan untuk meneruskan penyelidikan. Versi kedua
program ini dilancarkan pada April 1992. Manakala versi pertama Sketchpad untuk
Window pula dilancarkan pada April 1995. Penggunaanya berluasa sehingga ke hari
ini. Pada tahun 2011, GSP telah ditambahbaik fungsinya dalam versi ke-4 yang
memuatkan Geometri Dinamik untuk pengajaran algebra dan kalkulus.
B. Spesifikasi Geometer
Sketchpad
Pentium® based system or equivalent
Windows XP or later 300 MB free disk space.
C. Kelebihan Geometer
Sketchpad
1.
Dapat mengundo apabila terjadi kesalahan dapat
membatalkan perintah yg telah dilakukan,
2.
Dapat meredo untuk mengulangi perintah yang telah
dilakukan,
3.
Dapat membuat tabel berserta datanya,
4.
Dapat menulis rumus bersamaan dengan gambar,
5.
Memiliki grid form yang banyak,
6.
Dapat merekam setiap pekerjaan yang kita lakukan.
7.
Memiliki calculate sendiri untuk keperluan perhitungan
8.
Dapat membuktikan rumus traplesium
D. KekuranganGeometer
Sketchpad
1.
Anda tidak dapat mengupload photo anda dan situs ini
digunakan untuk menggambar sederhana dengan memainkan warna dan tulisan.
2.
Pilihan icon hanya sedikit,
3.
Tidak dapat langsung memasukkan suatu rumus.
4.
Sulit mengkoordinasikan langsung jarak yang diinginkan
E. Aplikasi dalam Matematika
Adapun
aplikasi Geometer Sketchpad dalam pembelajaran Matematika, antara lain sebagai
berikut.
Pembuktian Rumus
Trapesium dengan Geometer Sketchpad
1. Buatlah trapesium ABCD sama kaki
2. dengan kakinya di AD dan CB
3. CD sejajar dengaan EF, DE sejajar CF
4. Panjang AE dengan FB sama panjang
5. Hubungkan titik D ke titik F
6. Membuat titik point dengan pointtool
7. Sambungkan setiap titik dengan segment straigt edge tool
8. Beri nama setiap titik dengan mengklik label point
9. beri nama pada garis (t), EF (a), AE dan FB (c)
Akan muncul seperti berikut :
Ketik rumus trapesiumnya, karena Luas trapesium itu jumlah luas persegi
panjang di tambah dengan 2 kali luas segitiga maka didapat :
Dengan cara mengklik Texttool pada icon lalu klik di
sembarang (klik 2x), setelah itu ketik rumus di atas.
Lalu, hitung panjang garis masing-masing AE, EF, BF, dan CE dengan klik
segment garisnya lalu klik kanan pilih length
Selanjutnya:
·
Hitungluas trapesium sebelumnya klik
polygon dan hubungkan titik-titik bidang datarnya
·
Hitunglah luas setiap bidang dengan
klik kanan pilih area,
·
Lalu pilih Number klik calculate dan jumlahkan semua
area
Membuktikan Rumus Phytagoras
Langkah-langkah:
·
Buat segitiga ABC menggunakan segmentstraightedgetool dan
beri nama pada setiap titik-titik segitiga
·
Klik texttool lalu klik 2x pada garis untuk mengganti nama garis, seperti berikut :
·
Buat segitiga yang sama dengan rotasi
900 searah jarum jam
·
Hubungkan titik E atas dan garis B
bawah dengan menggunakan segmentstraighttool
·
Pada segitiga atas beri nama L1 menggunakan texttool lalu
pilih symbolicnotation dan pilih subscript
·
Berinama L1 pada
segitiga bawah
·
Berinama L2 pada
segitiga yang besa dengan cara yang sama
·
Masukkanrumus trapesium seperti pada
gambar di bawah ini
Hitunglah dengan cara klik kanan lalu pilih area untuk
mencari nilai a, b dan c. Lalu untuk membuktikan dalil phytagoras tersebut kita
pilih menu number lalu pilih calculate
Membuktikan Jumlah Sudut Dalam Segitiga = 1800
Langkah-langkah:Buat segitiga ABC sembarang dengan menggunakan pointtool lalu
hubungkan setiap titik dengan segmentstraighttool dan beri
nama pada setiap titik. seperti berikut :
klik titik CAB kemudian klik measure pilih angle, lakukan
juga pada sudut ACB, dan sudut ABC setelah ketiga sudut ditemukan klik number
pilih calculate maka akan terbukti.
Jika ingin mengetahui luas segitiganya dengan cara klik polygon lalu klik
pada titik-titiknya, klik kanan pilih area












0 komentar:
Posting Komentar