A. Pengertian Software Carmetal
Carmetal adalah program geometr iinteraktif yang mewarisi mesin CaR. Perangkat lunak
yang telah dibuat oleh Eric Hakenholz. Konstruksi yang dilakukan dengan menggunakan
palet utama, yang berisi beberapa shortcut konstruksi berguna di samping kompas
dan penggaris alat standar. Ini termasuk garis-berat, lingkaran melalui tiga titik,
circumcircular busur melalui tiga titik, dan irisan kerucut melalui limapoin.
Juga adalah lokus, fungsi, kurva parametrik, plot implisit ketebalan. Element,
warna, label, dan atribut lainnya (termasuk yang disebut properti magnetik)
dapat diatur dengan menggunakan panel yang terpisah. Carmetal juga mendukung palet
konstruksi dibatasi dikonfigurasi dan memiliki kemampuan tugas, yang
menggunakan fitur tampaknya unik yang disebut Monkey (Shaking Construction). Tidak ada spesifikasi khusus untuk menggunakan aplikasi Carmetal maksudnya RAM VGA OS kecil juga dapat menginstall software ini.
B. Kelebihan Software Carmetal
1. Dapat diaplikasikan untuk geometri datar dan geometri ruang.
2. Dapat disalin ke Microsoft Word.
3. Hasil gambar yang telah dibuat dapat diekspor dalam berbagai format (PDF,SVG,EPS, dan PNG)
4. Gambar dapat dibuat dengan menarik karena terdapat menu untuk mengedit objek dengan mengubahwarna
5. Dapat mengubah warna background atau latar .
6. Dapat menyisipkan gambar.
7. Gambar atau suatu bangun yang telah dibuat dapat bergerak.
C. Kelemahan Software Carmetal
1. Sulit dipahami secara cepat
2. Perlu pemahaman konsep geometri untuk membuat sebuah bangun
3. Dalam penerapan geometri ruang ketika suatu bangun diputar maka akan mengubah besar sudutnya.
4. Tidak dapat menghitung volume dari bangun ruang.
5. Dalam penerapan geometri ruang, jaring-jaring tidak dapat ditunjukkan
D. Fungsi Sub-Menu pada Software
Carmetal
Fungsi sub-menu dalam menu file
Fungsi sub-menu pada menu Edit
Fungsi sub-menu Construction
Fungsi Sub-Menu Aspect and Color
Fungsi Sub-Menu Functions and Locus
Fungsi Sub-Menu pada Menu Tes
Fungsi Sub-Menu pada menu Controls
Fungsi Sub-Menu Background & Image
E. Langkah-Langkah penggunaan software Carmetal
Membuat Persegi melalui lingkaran
1. Pertama-tama kita pilih software Carmetal
2.
Berikut ini adalah tampilan awal software Carmetal :
3. Kemudian membuat garis lurus
Sehingga muncul gambar seperti berikut :
Beri identitas titik-titik tersebut
, pilih edit, kemudian rename
Sehingga mendapat hasil seperti gambar
di bawahini :
4. Buat lingkaran dengan titik pusat Adengan
jari-jari AB.
Klik contruction, pilih circle anda conics,
kemudian pilih circle (c) lalu klik dari titik A sepanjang garis B
Sehingga muncul gambar sepeti gambar
di bawah ini :
5. Atau dengan Klik contruction,
kemudian pilih perpendicular line (2)
Kemudian klik garis AB, kemudian titik
A
Maka akan dapat gambar seperti berikut
:
6. Buat identitas pada titik perpotongan
Klik contruction, pilih points,
kemudian pilih intersection (i).
Kemudian klik pada perpotongan tersebut,
untuk member identitas pilih edit, kemudian klik rename, maka akan muncul gambar
seperti gambar di bawah ini :
7. Kemudian buat dua lingkaran, yaitu :
Titik pusat C, dengan jari-jari CA
Titik pusat B, dengan jari-jari BA
Klik contruction, pilih circle anda
conics, kemudian pilih circle (c).
8. Buat identitas pada titik perpotongan
Klik contruction, pilih points,
kemudian pilih intersection (i).
Kemudian klik pada perpotongan lingkaran
CB, untuk member identitas pilih edit, kemudian klik rename, maka akan muncul gambar
seperti gambar di bawah ini :
9. Kemudian sembunyikan gambar, kecuali
garis AB
10. Kemudian gabungkan titik-titik tersebut
:
Sehingga
terbentuklah persegi, seperti gambar di bawah ini:
11. Untuk melihat pembuktian
Klik
show/ hide left panel
Kemudian akan muncul ,pilih icon kedua, maka akan muncul hasilnya
sepertigambarberikut :
12. Untuk membuktikan sudut-sudut persegi
Klik
contruction, pilih angles, kemudian pilih angle (a)
Kemudian klik dari titik C-D-B, D-B-A, B-A-C, A-C-B, maka akan
terbukti, seperti gambar di bawah ini :
13. Untuk mencari luas persegi
14. Kemudian klik titik C-D-B-A-C,
seperti gambar di bawah ini:
15. Untuk melihat pembuktian
Membuat Kubus
1. Pilih 3D dalam pallete kemudian pilih
cube untuk membentuk kubus
Kemudian akan muncul gambar
kubus dengan tampilan sebagai berikut:
2. Beri nama titik sudut pada kubus dengan
memilih Rename pada menu Edit
Akan
muncul kubus yang telah diberi nama ABCDEFGH
3. Untuk membuktikan sudut-sudut kubus
4. Kemudian klik dari titik E-A-B,
A-B-F, D-C-G, dst, maka akan terbukti, seperti gambar di bawah ini :
Untuk
membuktikan garis AB sejajar dengan garis EF
Klik test, pilih parallel line? ,kemudian klik garis
AB dan EF maka akan muncul gambar seperti berikut:
Jajar Genjang
1. Buatlah panjang alas jajar genjang
dengan mengklik “Segment with fixed length (#)” misalnya panjang alasnya 6, dan
akan menjadi seperti gambar di bawah ini :
2. Kemudian buatlah sisi miring dengan
panjang 3, klik “Segment with fixed length (#)” akan muncul seperti gambar di
bawah ini :
3. Lalu buatlah garis sejajar alas dan
garis sejajar miringnya, dengan klik “Parallel line (1)”, akan muncul seperti
gambar di bawah ini :
4. Berilah titik pada perpotongan garis yang sejajar tersebut, klik “Point (p)”, serta berilah nama titik – titik tersebut, klik “Edit-Rename (b)”, dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini:
5. Mengetahui sudut dalam jajar
genjang, klik “Angle (a)”, jika ingin mencari sudut A maka klik titik D-A-B dan
sudut B maka klik titik A-B-C lalu sudut C maka klik titik B-C-D, sedangkan
sudut D maka klik titik C-D-A kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini :
6. Menghitung luas jajar genjang ABCD,
klik “Polygon (0)”, klik pada titik A – B – C – D – A maka akan muncul seperti
gambar dibawah ini :

















































0 komentar:
Posting Komentar